SAYEMBARA LANDMARK KOTA PANGKALAN BALAI



PENGUMUMAN SAYEMBARA LANDMARK
KOTA PANGKALAN BALAI

Pemerintah Kabupaten Banyuasin menyelenggarakan Sayembara pembuatan Landmark Kota Pangkalan Balai dengan syarat dan mekanisme sebagai berikut :
1.    Pelaksanaan Lomba
1.1. Sayembara: 24 April – 20 Juni 2014
1.2. Penjurian: 23 – 27 Juni 2014
1.3. Pengumuman Pemenang: 2 Juli 2014
2.    Ketentuan Peserta
2.1. Sayembara terbuka untuk umum bagi seluruh warga Indonesia
2.2. Peserta bisa bersifat perorangan atau tim yang terdiri dari maksimal 3 (tiga) orang.
2.3. Anggota tim yang telah terdaftar tidak bisa diganti dengan alasan apapun.
2.4. Peserta sayembara boleh mengirimkan lebih dari 1 (satu) desain
2.5. Peserta bersedia mengikuti tahapan dan prosedur lomba.
2.6. Juri dan panitia tidak diperkenankan mengikuti lomba.
3.    Syarat Peserta
3.1. Peserta wajib melampirkan kartu tanda pengenal
3.2. Peserta wajib membuat surat pernyataan orisinalitas karya
3.3. Peserta mengirimkan desain landmark dengan ketentuan sebagai berikut:
3.4. Bentuk desain landmark sesuai dengan kriteria desain yang telah ditentukan (sesuai dengan butir 5 di bawah)
3.5. Desain dapat dibuat secara manual maupun digital
3.6. Desain landmark meliputi: siteplan, tampak depan, tampak samping, tampak belakang, dan perspektif.
3.7. Desain landmark dilampiri dengan penjelasan rancangan desain meliputi:
3.7.1.   Nama landmark
3.7.2.   Relevansi tema
3.7.3.   Makna dan falsafah desain landmark
3.7.4.   Kandungan nilai seni, filosofi, karakter, dan cita-cita pada desain landmark
3.7.5.   Kandungan inovasi/kreativitas, kemenarikan, dan daya ingat (memorable) pada desain landmark.
3.7.6.   Spesifikasi bahan bangunan.
3.8. Desain landmark yang dikirimkan berupa hard copy dan soft copy (CD/DVD/FLASHDISK).
4.    Ketentuan Format Gambar
4.1. Kertas gambar berwarna putih dengan ukuran A2.
4.2. Lembar I berisi gambar siteplan, Lembar II berisi gambar tampak muka, Lembar III berisi gambar tampak samping, Lembar IV berisi gambar tampak belakang, Lembar V berisi gambar perspektif dan Lembar VI berisi penjelasan konsep rancangan desain.
4.3. Gambar dengan skala minimal 1:200 atau lebih besar mempertimbangkan kecukupan kertas.
4.4. Jumlah lembar maksimal adalah 6 (enam) lembar.
4.5. Pada setiap lembar ditandatangan oleh peserta atau Ketua Tim.
4.6. Tidak mencantumkan nama peserta pada lembar gambar dan lembar konsep.
5.    Kriteria Desain
5.1. Tema desain: gerobak (pedati) sapi sebagai sarana perjuangan
5.2. Bentuk desain: patung gerobak (pedati) roda dua dengan satu sapi dan kusirnya. Gerobak sapi tersebut terletak di atas sebuah bangunan.
5.3. Bentuk bangunan pada butir b di atas mengandung unsur budaya Melayu (di dalam bangunan akan ada diorama, ruang pertemuan, perpustakaan, kantor, dan toilet)
5.4. Harmonisasi desain landmark dengan siteplan yang telah dibuat
6.    Kriteria Penilaian
6.1. Kesesuaian tema (20%)
6.2. Kandungan nilai seni, filosofi, dan kearifan lokal (20%)
6.3. Kandungan inovasi/kreativitas, kemenarikan dan daya ingat (momorable) (20%)
6.4. Kandungan orisinalitas dan keunikan (20%)
6.5. Harmonisasi desain dengan siteplan (20%)
7.    Hadiah
Pemenang Sayembara akan mendapatkan:
7.1. Pemenang I : Uang tunai Rp 25.OOO.OOO (sebelum pajak) + Piagam
7.2. Pemenang II : Uang tunai Rp 20.000.000 (sebelum pajak) + Piagam
7.3. Pemenang III : Uang tunai Rp 15.000.000 (sebelum pajak) + Piagam
Ketentuan: Pajak ditanggung pemenang
8.    Penjurian
8.1. Dewan Juri akan menentukan 3 besar sebagai pemenang I, II, dan III.
8.2. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat
9.    Lain-lain:
9.1. Seluruh materi yang masuk menjadi milik panitia
9.2. Panitia berhak mengubah desain pemenang dengan tanpa menghilangkan ciri awal dan hak cipta pemenang.
9.3. Hasil Pemenang pertama tidak serta merta akan dijadikan landmark kota
10. Mekanisme Pendaftaran
Materi sayembara dikirim melalui paket pos atau dikirim langsung ke Dinas Pariwisata, Seni, Budaya, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuasin Jalan Merdeka No.09 Pangkalan Balai, 30753 Telp. 0711891613 paling lambat 20 Juni 2014 (cap pos)



Kepala Dinas,


Ir. Hj. Anna Suzanna, MSi
NIP 19601123 198603 2 004



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama